06 June 2021

Menghilangkan Raspberry Pi Low Voltage Warning

 


Salah satu yang menyebalkan dari raspberry pi 3 keatas, bakal muncul warning ini "low voltage warning", padahal sudah pakai charger fast charger 3A, Bahkan pakai PSU pc bekas yang masih bagus juga, tetap aja warning masih keluar.

Kalau dari terminal, ngecek warning, via command vcgencmd get_throttled, hasil harus 0x0, kalau masih 0x50000 atau 0x50005 berarti masih masalah power supplynya, info bit result dari get_throttled ada di : https://www.raspberrypi.org/documentation/raspbian/applications/vcgencmd.md



Saya pakai PSU bekas, saat volt meter sudah 5,1v ternyata tegangan di pin 2 dan 6 dari raspi cuma 4,2v,




ckckck, akhirnya pakai stepdown coba ambil dari sumber yg 12v, voltase nyampe 5,9v baru deh tegangan di raspi 5,1v... dan warning hilang, throttled tidak ada (hasil 0x0)


Tegangan di raspi pin 2 dan 6


Hasil get_throttled


Cuma kan ngeri ini, masalah power supply ini saya pakai buat ngecharge juga, bisa jebol device lain dikasih mpir 6v gitu.

Harga emang ga boong, psu bekas ini saya beli harga cuma 25rb


Dan baca baca di internet, low warning ini ga akan hilang kalau supply diambil dari charger hape atau power supply komputer, so...

Untuk menghilangkan warning ini, solusi paling cepat, ya beli adaptor khusus buat raspberry pi 3, harganya lumayan mahal 40-90rb kapasitas 3A, cuma yang saya tulis ini cuma alternatif aja, kebetulan ada stok, tanpa ngeluarin biaya beli ini itu lagi.


Jadi intinya pakai power supply untuk CCTV 12v 5 amper di step down ke 5v, gunakan step down adjustable supaya bisa disesuaikan tegangannya, fitur lain spt amper meter bebas dipasang atau ngga

1. Power Supply CCTV


barang  ini kebetulan ada sisa, karena untuk bbrp kamera cctv saya dan untuk driver power LED strip, harga murah 37rb bisa 5A, yg 3A lebih murah lagi cuma 20rban


*Harga Juni 2021


2. Step down adjustable


Harga stepdown tanpa voltmeter cuma 7-9rb, kalau yang saya punya dengan fitur voltmeter harganya 25rb

sudah cukup, 



Kalau mau style rock n roll, atur output tegangan kurang lebih ke 5,2v trus potong kabel bekas micro usb dan pasangkan spt gambar diatas, atur tengan sampai pin raspberry pi 2 dan6 kurang lebih diatas 4,9v supaya tidak ada warning.

Tapi biar aman, baiknya gunakan board dip female. cuma 1500an


Biar rapi saja.

Akhirnya gambar akhir spt ini, harga ampere meter sekitar 23rb



Kalau ditotal sih lumayan gede juga harganya, 
- Adaptor 12V 5A harga 37rb
- Stepdown dengan voltmeter 25rb
- Ampere meter 23rb, 
Total 85rb, 

kalau tanpa ampermeter dan stepdown biasa, total 37rb+8rb= 45rb, 

kalau menggunakan powersupply 3A, total 22rb+8rb = 30rb

ini harga dibawah atau rata2 harga adaptor raspberry yg beneran, tapi DIY ini ampere lebih besar dan lebih bebas diatur tegangannya, 

Diatas output 5,3v masuk ke ampermeter 5,2/5,1v sampai ke raspberry 5v, panjang kabel cukup pengaruh mengurangi tegangan, jadi saya potong kabel charger hape bekas, dan disambung supaya ukurannya kurang lebih 10cm, kalau pakai kabel normal, tegangan output step down kurang lebih harus 5,5v

Drop tegangan dari kabel charger lumayan pengaruh lho, lihat video di bawah, bbrp kabel bisa sampai 3volts



Dengan cara ini, so far tidak ada low voltage warning lagi.

Resiko low voltage ini ke sd card saja, data2 bisa corrupt dan gagal booting, lainnya ga masalah, karena saya menjalankan bbrp script phyton yg perlu running terus2an, takut hilang datanya, jadi ga mau ada resiko low voltage ini, terpaksa memastikan tidak ada warning yg muncul.

17 May 2021

Pemanas Cangkir Dari Obat Nyamuk Dan Harddisk Bekas

 Another proyek iseng...

Butuh pemanas cangkir, pernah beli bbrp tapi ga pernah awet... so...

Keidean plat panas obat nyamuk yg udah rusak, obat nyamuk elektrik ini mpir selalu bisa diperbaiki, masalah utama cuma kabel kebakar n lepas doang..



Tadinya mo bikin dari papan kayu, baringkan obat nyamuk ini, cangkir nanti di atasnya, cuma ah takut kebakar..

Keingetan harddisk2 bekas yg banyak, yg udah dipretelin, untung ga dibuang, tnyata pas, pasang obat nyamuk di dalamnya, trus ditutup.


Hasil satu obat nyamuk, lumayan panas, tapi kurang kyknya klo ditaro cangkir lagi, Alhamdulillah ada dua obat nyamuk error yg bisa dipake, dua2nya bisa dibenerin n berfungsi.

Daan.. it works, cukup panasnya buat ngangetin, dan wattage juga ga gede



Pemanas cangkir yg bagus di online, 100rb an, yg biasa ada 50rb tapi ga ngaruh panasnya.

Obat nyamuk 10rban satu 😁 , 5 watt @60-70 Celcius

06 May 2021

Ganti Batre Lampu Emergency

Saya punya 4 lampu emergency merk hannochs, 1 yg 6 watt, 1 ukuran 10 watt dan 2 lampu 12 watt, 2 lampu 12 watt ini sudah lama rusak fungsi emergencynya, lampu masih menyala normal, hanya saat mati lampu mereka tidak akan menyala.

Keempatnya dibeli bareng bulan mei 2019, tapi umur yg 12 watt hanya 1 tahunan, sedang yg ukuran 6 dan 10 watt masih berfungsi sampai sekarang.



Kebetulan hari ini hujan sangat lebat dan mati lampu, kesempatan buat ngoprek si lampu.

Pertama, gergaji pada bagian ini


Secukupnya sampai tools pryer spt ini bisa mencongkel terbuka si lampu


Saat sudah dibongkar, akan tampak seperti gambar ini




Cabut batre yang rusak, sistem cukup sederhana, menggunakan batre 18650, cabut dan tinggal putuskan kabelnya pasangkan ke batre yang baru


Berhubung ada pengalaman sebelumnya dengan batre ini, batre pengganti saya pasangkan BMS, supaya lebih awet, saya curiga batre sebelumnya rusak karena si batre terdischarge sampai dibawah 2,7v, sehingga batre jadi rusak, karena saat saya ukur, batre yg rusak tegangannya nol koma sekian, sangat rendah, biasanya walau lama tidak terpakai, 18650 masih akan punya tegangan, apalagi batre ini terpasang ke lampu yang aktif digunakan tiap hari dan masih terpasang ke modul chargernya.

Dengan menggunakan BMS mudah2an, batre akan otomatis cut-off dari beban, saat tegangannya 2,7v dan saat dicharge dia putus pada tegangan 4,2v

Pasangkan kembali dengan batre pengganti 


Untuk mengetes bila lampu berfungsi kembali, short kan bagian terminal lampu, maka lampu akan menyala.

Sekedar info, lampu emergency seperti ini sering dijadikan bahan hoax sumber energi ngasal, misal colokan listrik yang bisa mensupply diri sendiri dengan bukti lampu menyala, padahal ya lampu kyk gini, dia akan nyala kalau bawahnya dishort... kocak


Pasang kembali dengan rapih, dan lampu siap dipasang lagi, sistem body lampu menggunakan bbrp klip, sehingga bisa bongkar pasang tanpa ada sekrup yang harus dibuka, hanya perlu lobang awal untuk mengcongkel body supaya terbuka



03 May 2021

Ganti Batre Keyboard Wireless MK275 Dengan Batre 18650 (Rechargeable)

Saya punya keyboard wireless logitech MK275, satu paket dengan mousenya, enak dipake, beli sekitar akhir 2020, cuma masalahnya boros batre, awal punya pakai alkaline, kuat 1 bulan, tapi sayang juga, mahal udah dipake buang batrenya, akhirnya ganti dengan rechargeable AAA


Ukuran AAA kapasitasnya kecil2, beli merk eneloop kapasitas 750mah, ada sih yg jual 900mah, tapi ga jelas merknya


Setelah ganti ini lah, kok cuma kuat 5-7 hari, eh ternyata liat spec keyboard, dia makan arus 20mA, jadi ya kapasitas 750mAH, scr teori paling 40 jam an kurang klo dipake terus2an, kalau sehari komputer nyala 8-10 jam, ya sesuai berarti cuma 5-7 harian kuatnya.

Saya punya 4 batre AAA rechargeable ini, simpel sih, pas dua dipake, yg dua dicharge, pas abis tinggal ganti, charge ulang yg abis, gitu aja terus, cuma ya bosen juga sering ganti


Awalnya keingetan punya barang ini, printilan ga jelas, yang dibeli buat ngepasin total beli online biar gratis ongkir, hahaha... modul charge TP4056.


Karena punya bbrp batre 18650 bekas bikin DIY powerbank tapi gagal, ya udah cobain aja deh, soalnya kapasitas lebih gede, mudah2an bisa lebih lama pemakaian batrenya, saya tahu tegangan batre ini 3,7v, jadi ada lebih 0,7v dari kebutuhan keyboard, mudah2an keyboardnya kuat handle lebih dikit, waktu itu belum tahu ternyata tegangan dia bisa 4,2volt maksnya hehehe... untung dikasih tau temen


Pertama saya bongkar keyboard dulu, untuk narik kabel biar selongsong batre AAA tetap bisa digunakan


Bor dikit keyboardnya dan tarik keluar si kabel


Sebelum versi final di ujung bawah tulisan ini, awalnya saya rangkai simple sekali, modul charger ke batre, dan batre diparalel ke beban alias si keyboard, dan keyboard berjalan mulus lancar dengan sistem begini.

Dari sini baru sadar, ternyata saat charging tegangan bisa sampai 4,2v, untungnya si keyboard punya toleransi tinggi terhadap tegangan, dia baik2 saja dengan tegangan yg diatas specnya


Alhamdulillah ada stok stepdown plus indikator di laci komponen, saya pakai biar aman, takutnya klo kelamaan, bisa rusak di keyboard


Setelah potensio output diset, tegangan ke keyboard skarang fix 3v, enaknya stepdown berindikator ini, saya bisa tau kapasitas si batre tinggal berapa, karena indikator modul stepdown ini bisa menampilkan tegangan input maupun output


Tegangan operasional yang aman dari batre 18650 adalah 2,75 s/d 4.2 v, jadi fungsi indikator ini sekaligus info sisa kapasitas batre, walau batre cepat boros karena nyala indikator ini, gpp lah, tinggal colok charger, ga perlu bongkar pasang batre lagi.


Setelah baca2 ternyata modul charger yg murahan ini, ga bisa ada autostop, dan fungsinya tidak maksimum saat charging kalau si batre melayani beban, akhirnya saya pasang, switch, biar catudaya bisa ambil lgsg dari charger usb atau dari batre, sangat tidak efisien, hahaha...


Tanya2 ke teman, ternyata biar aman, harus ada BMS, battery management system, supaya batre terproteksi dari overcharge, overdischarge atau short dsb, dari situs onlinenya, fitur si BMS yg saya beli ini bisa :

1.Charging Voltage:DC 4.2 5V 2.Operating current: Continuous 2A, Max 3A 3.Overcharging Detection Voltage:4.2 V 0.025V 4.Overcharging Detection Delay Time:150 500 ms 5.Overcharging Restore Voltage:4.0V 0.025V 6.Overdischarging Detection Voltage:2.75V 0.1V 7.Overdischarging Detection Delay Time:50 150ms 8.Overdischarging Restore Voltage:2.5V 0.10V 9.Overcurrent Detection Voltage:150 30mv 10.Overcurrent Detection Current:5 0.5A 11.Overcurrent Detection Delay Time:5ms 15ms 12.Overcurrent Restore Type:automatic restore 13.Short Circuit Detection State:external short circuit 14.Short Circuit Detection Delay Time:< 50us 15.Short Circuit Restore State:automatic restore 16.Internal Resistance:MOSFET < 40m ohm 17.Size:3 x 0.3cm 1.18 x 0.19inch Features: 1.Connecting Charger Teminal adopts withstand high voltage instrument 2.Internal 3 phase overcurrent detectiton circuit (overcurrent 1,overcurrent 2,load short circuit) 3.MOS tube can control battery charging and discharging 4.Wide Operating Temperature Range 5.Low Consumption Current
Dan modul charge juga saya ganti ke TP4056 yang ada fitur proteksi, jadi dobel


Alhamdulillah sempat salah beli batre hape samsung J2, batrenya masih baru dan nganggur, saat saya lihat dia 3,7v juga dan spek hampir sama dengan 18650, ya sudah biar rapih, saya ganti batre aja deh dari 18650 ke batre hape ini

Jadi si batre, konek ke BMS 1S, trus dicharge TP4056


Lebih simpel karena batre bisa disembunyikan dibawah keyboard tanpa terlihat, dengan gabungan modul TP4056 yg baru dan BMS, sekarang batre akan tercharge


Dan saat penuh, charging akan stop, yang akan melindungi batre, karena tidak terus2an terisi hingga  overcharge dan bisa rusak


Terlihat dari tools charge doctor, arus akan nol saat batre sudah penuh, dengan artian, batre berfungsi penuh sebagai catu daya si keyboard


Tampilan akhir.... yg tampak hanya si stepdown, karena batre, bms, tp4056 bisa disimpan dibawah keyboard, indikator sengaja dimunculkan walau bisa dimatikan lampunya, supaya terlihat tegangan sisa berapa, nantinya, kondisi keyboard akan terpasang terus2an ke charger, saat butuh wireless tinggal cabut

04 February 2021

Auto Respon Whatsapp Business Pindah Ke Telegram

Jangankan Jeff Bezos bos Amazon yg wasapnya dihack, orang biasa juga udah ga keitung yg kena hack, temen yg ganti nomer lah gara2 ga bisa akses lagi, temen emak yg ilang wa nya gara2 nolongin kasir indomaret ngabarin kode game dsb...

Walaupun gampang recovernya, tapi udah crowded bgt wa itu, sering bgt dpt spam, dari yg minta donasi ga jelas sampe yg nyamar krn berhasil ngehack utk minjem duit, ga cuma pribadi cerita2 ini sering bgt seliweran di linimasa sosmed.

Untung pake xiaomi yg punya fitur "dual apps", jadi bisa cloning wa business, buat 2 nomer yg dipake. Dulu dukung bgt wa business ini, karena enak buat info jualan, rajin ngabarin ke teman temin cara pakenya, setelah belagu bikin s&k baru, lupakan... skarang fitur utama "away message" jadi kyk di gambar ini.




Tadinya lupa ada fitur ini di wa-b, jadi pakai fitur robot auto respon wa-gw.com, cuma respon satu doang mah cukup lah fitur bawaan.

Lumayan 2 pekan terakhir udah dipake, jadi byk yg nyamperin ke telegram, tanpa harus buka aplikasi wa lagi, buat ngabarin ada di tg  

Ini dicapture setelah selesai chat di telegram, eh tnyata beliau mampir ke wa dulu, hehehe

Tapi ya, yg pake wa masih byk bgt, klo perlu ke orang lain, misal manggil tukang ac, masih tetep harus wa... tapi jarang lah, sepekan belum tentu ada sekali...

Cara buat autorespon di wa-business,
- settings
- business tools
- away message




- edit n save (kanan atas)




Yuk tinggalin wa #halah..