17 May 2024

HP Thin Client PC T5740 hang dalam proses Booting

Sekilas cerita, saya sudah sekitar 4 tahun menggunakan Raspberry Pi versi 3B untuk hosting situs kecil dan handling tunneling cloudflare buat server2 di rumah, mau beli yg versi 5 mahal, cari cari di olshop, saya mau coba thin client HP T5740, berdasar info di sini wattage lumayan rendah dan spek jauh di atas raspberry pi.

Dapat harga kurang lebih 150rb dengan ongkir sameday

 

PC ini benar hemat listrik, full load hanya 12 watt, running standar 9-10watt saja, kalau raspberry pi sekitar 5-15 watt, tergantung load, tapi biasanya sekitar 7-10 watt


Komputer yang saya dapat sudah termasuk Harddisk flash 2gb dan ram 1gb, kebetulan di rumah ada nganggur 2gb, bisa saya masukkan ke dalamnya, jadi total 3gb untuk ram, bawaan seller sudah ada windows XP

Setelah cek memory , semua lancar

 

Pastinya untuk online 24 jam, ga mungkin saya pakai windows XP ini

Langsung saya pasang ubuntu



Jreng jreng... ternyata, setelah beres instalasi yang tanpa kendala, saat proses booting, dia akan ngehang, ini terjadi dengan bbrp OS lain, spt windows 7, linux puppy, tiny linux dsb... googling2 ada yg sama nasibnya, bisa solve setelah update BIOS

Alhamdulillah walau jadul, masih ada yg hosting BIOS terupdate : https://drivers.eu/PC/HP/t5740%20Thin%20Client/BIOS

 

Bila di download maka akan ada file bernama : sp55460.exe, file ini hanya archive biasa, buka dengan 7zip atau winrar

Dari file tersebut, Rom bios ini bisa diupdate via DOS, Windows atau Linux, saya pilih update bios via dos, karena install windows 7 juga ngehang saya proses installnya

Caranya mudah, siapkan 1 flashdisk, saya punya ukuran 2gb, masih cukup, karena DOS sangat kecil, buat dos flashdisk dengan tools rufus yg sudah built in imagenya

 

1. Pilih flashdisk bootnya

2. pilih MS-DOS

3. Start


Ingat, tipe dos harus MS-DOS, karena tidak akan jalan bila menggunakan FreeDOS

Extract dan Copykan folder DOSFlash dari archive : sp55460.exe, ke flashdisk ini 

Saya lupa foto prosesnya, tapi tinggal restart thin client, lakukan boot, dari command prompt C:\

Masuk ke folder dosflash, "cd DOSFlash"

Dan jalankan flash.bat

Tunggu proses upload Bios,

Bila lancar tinggal booting dengan OS lain, Alhamdulillah lancar tanpa masalah hang proses Boot



Tambahan info, thin client T5740 ini masih 32 bit, jadi OS yang harus didownload dan install juga hanya yang versi 32 bit

Sudah coba pakai ubuntu server, sangat ringan dan enteng, tapi saat coba antix yg full untuk 32 bit, desktop usable tapi berat bgt, ga rekomen



No comments:

Post a Comment