14 June 2009

Ngeprint Ke LPT output ke File...

Aplikasi gw itu aplikasi yang nembak LPT atau port paralel secara langsung ga via driver windows, soale printing via driver windows itu selalu ngeluarin kertas sehalaman ga bisa disetop sebanyak baris yang di print aja, maklum lah aplikasi point of sales.

Berhubung printer gw yang ada itu printer USB aga kesulitan juga untuk ngetes output program apa udah bener ato belom, untungnya gugling2 nemu juga triknya, jadi gw ngeprint via LPT tapi hasil print di outputkan ke file yang kita mau, tipe file text biasa, sebenernya ini udah berbulan2 lalu nemunya, jadi gw lupa sourcenya, resumenya kurang lebih kyk gini

1. Add local printer, pake port LPT1 dengan tipe manufacturer = generic, printers = generic / text only







2. Pas ditanya mo dishare, pilih Ya trus kasih nama share2an nya misal "TextPrinter", sampai sini selesai adding printernya




3. Lihat properties si printer, bagian port, add new port, pilih "Local Port", dibagian "New Port" isi nama file si output buat nampung keluaran printer, misal c:\output.prn






4. Map LPT port ke share2an si printer baru ini, klo LPT1 dipake arahin LPT2, LPT3 dst via command line , untuk kasus gw, nama komputer gw = workstation,
dengan perintah "net use lpt2: \\workstation\TextPrinter"



5. set opsi aplikasi untuk printing ke port lpt2 ini, biarpun ngeprint dari ms office, hasil semaksimal mungkin di "text format" kan, coba aja klo berminat.

Semoga manfaat.

2 comments:

  1. mas mau tnya ni klau ingin mrubah paralel port ke usb tanpa menggunakan kabel usb to paralel port
    bisa gak ya

    ReplyDelete
  2. maaf pak ga tau, rata rata sih, dari USB ke paralel, klo sebaliknya saya ga tau...

    ReplyDelete