11 June 2020

Virtual Background di Zoom

Pandemi masih lama, sepertinya sharing via online bakal lanjut terus, ini tips buat para ustadz atau teman-teman yang sering pakai zoom supaya bagus viewnya, khusus zoom di pc.

Di zoom itu ada setting virtual background, yang gunanya bisa ganti background kita dengan gambar yang lebih enak untuk dilihat, dibanding hanya tembok atau view kamar yang berantakan 😅

Walaupun sebenarnya bisa tanpa ini, tapi disarankan menggunakan kain green screen yang harganya 15rb per meter (lebar 1,6 mtr), karena warnanya homogen dan supaya zoom lebih gampang replace warna tersebut dengan gambar yang kita inginkan.


Sebelum setting zoom, dibawah adalah ruang kerja saya yang dilapis serba green. 


Dari aplikasi klik menu kanan atas, pilih settings


Pilih virtual background, klik tombol plus dikanan tengah gambar, dan pilih gambar atau video sebagai background nanti, pastikan "I have a green screen" tercentang



Tampilan setelah disetting gambar, maka background akan berganti, untuk spot yang tidak tercover kain, akan tetap muncul, baiknya beli lagi kainnya dan tutupi 😁, screen tidak melulu harus hijau, klik tombol pilih warna, bila kain atau tembok kita yang warnanya homogen berwarna lain, dan pilih warna yg akan kita ganti jadi gambar. 


Tampilan bila sudah disetting


Hasil lebih maksimal bila kita menggunakan lampu dari depan, baiknya beli lampu meja jepit harga 35rb an dan pasang lampu putih.


Bila zoom sudah berjalan, background ini bisa diganti dari menu video.


Untuk aplikasi lain (meet, teams, skype dsb), karena belum ada setting background, bisa menggunakan aplikasi OBS (online broadcasting system), detilnya kapan2 deh, aplikasinya berat, butuh spek laptop/pc yg mumpuni, intinya, install camera emulator dan jalankan OBS, dari video source (real camera), pasang filter chroma key, dan add image source, nanti image source ini akan mengisi chromakey yg disetting di OBS.

Setting aplikasi online selain zoom tadi menggunakan source camera dari obs-camera, virtual camera ini bisa banyak, jadi app online meeting bisa jalan bareng banyak 😅, secara teori, karena kadang frozen dan ngehang juga bbrp kali saya coba

Tapi kalau mau coba, install OBS (https://obsproject.com/), OBS virtualcamera (https://obsproject.com/forum/resources/obs-virtualcam.949/)

Dari menu tools obs, aktifkan virtualcamera, dan dari aplikasi lain, misal disini google meet, dari setting video, pilih obscamera, tadaa... google meet berbacground beda


Dari setting google meet, pilih kamera dari virtual camera OBS


Tampilan google meet berbackground



Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment