14 December 2016

Cara Tambah Perusahaan Supaya Muncul Di Google Maps

Sebenarnya sudah lama sekali saya menambahkan usaha saya supaya muncul di google maps, seperti gambar dibawah, aespesoft, kurang lebih 4 tahunan lalu, supaya klien yang hendak berkunjung mudah menemukan rute dengan hanya searching saja.


Berhubung jadi pengurus, baru kemarin saya menambahkan lokasi mesjid (Masjid Al Mukhlisin) supaya muncul di google maps, jadi kalau kalau ada yang mau bantu google maps supaya lebih lengkap info lokasinya, sekalian meng-ekspos lokasi perusahaannya di situ, cara nya seperti berikut.

Buka google maps di maps.google.com, cari dan klik lokasi tempat usaha, masjid, toko, sekolah, warung dsb yang mau kita tambahkan supaya muncul di google maps.


Akan muncul dibawahnya info singkat dari titik yang kita klik tadi di bagian bawah, klik info tersebut, kan muncul info lebih jelas seperti gambar dibawah, dan titik yang kita klik akan berubah menjadi pin merah besar.


Klik "add missing place", akan muncul entri yang harus dilengkapi seperti gambar dibawah, isi yang lengkap dan klik submit, dalam beberapa waktu akan muncul email aproval bila sesuai dengan survei google, bila di apruv, google menyatakan dalam 24 jam akan muncul di peta, tapi dari pengalaman saya baru muncul secara internasional dalam 4 hari, kalau di account sendiri sih memang benar kurang dari 24 jam sudah muncul.