06 April 2012

Update Tablet Android Iconia A500 ke Honeycomb 3.2

Tadinya berhubung belum punya microsd juga, saya agak malas untuk update, tapi seiring waktu, karena makin banyak kelemahan di versi android yang ada di iconia saya yaitu android asli versi 3.0.1, diantaranya :
  • banyak crash (force close), yang paling menjengkelkan google play versi berapapun gagal, terpaksa menggunakan market lama yang belum bisa mode portrait
  • screen suka menyala sendiri, tiap sekian menit, berhubung timeout saya set lama, otomatis batere habis dengan sukses, sepertinya ini berkaitan dengan router dan wifi, terpaksa mengaktifkan airplane mode setiap mau tidur
  • mouse via usb tidak terdeteksi
  • market tidak bisa mode portrait
  • beberapa aplikasi tidak bisa diinstall dari google play yang dibuka dari PC, misal instagram
Intinya itu saja sih, crash untuk aplikasi yang saya pasang kalau di detailkan bisa banyak sekali, akhirnya saya beli juga microsd untuk update.

Yang saya bayangkan sebelum update, proses ini akan menghapus seluruh isi tablet, makanya saya beli Microsd yang lumayan tinggi class nya, yaitu class 10 (10MBps) merk transcend 16GB dengan harga 210rb, karena terbayang banyak proses backup dan restore yang harus dilakukan, dengan kecepatan yang tinggi, proses ini tentu akan lebih singkat.

Ternyataa... proses ini tidak menghapus data di folder /mnt/sdcard, tahu begitu saya beli yang murahan saja merk vgen 16GB seharga 80rb, agak lambat sih karena cuma class 2 (2 MBps), tapi toh jarang dipakai juga, hanya untuk menyimpan image dan flashing saja nantinya.

Inti untuk update firmware sangat mudah, saya sarankan baca baca dulu forum di xda-developer atau kaskus, untuk video tutorialnya, bisa lihat video ini



Langkah-langkahnya adalah :
  • aktifkan mode root androidnya
  • install acer recovery dari android untuk memasang clockworkmod
  • download rom dan letakkan di root microsd (external sdcard), ukuran rom kurang lebih 240 MB.
  • reboot ke mode recovery, via aplikasi acer recovery, atau saat menyalakan tablet tekan POWER dan VOLUME DOWN
  • Saat muncul tampilan di atas, (gerak bawah/atas dengan volume UP/Down, memilih dengan tombol power), sebelum install zip hasil download, wipe dulu si tabletnya, "wipe data/factory reset" dan "wipe cache partition" juga hapus dalvik cache dari menu advanced
  • Kemudian baru install zip hasil download kita
Proses update ini kalau lancar kurang lebih 10 menit saja.

Awalnya saya akan menggunakan android versi ICS (Icecream Sandwich) bocoran, dengan ROM Taboonay 3 tapi setelah membaca baca komentar di link tersebut, bahkan sampai akhir, masih ada bugs dan agak lambat, niat ini saya batalkan, saya pilih taboonay 2 saja dari situs http://vache-android.com (install taboonay versi 2 kemudian update nya versi taboonay 2.2), ROM ini menggunakan android honeycomb 3.2.

Sejauh ini, bugs yang sering saya temukan belum muncul lagi, google play lancar, dan screen belum menyala sendiri, hanya tombol power saja menyala putih sesekali, dan kursor mouse muncul berjalan lancar, dan instagram juga bisa terinstall



Kalau acer sudah mengeluarkan android ICS resmi yang dikabarkan pertengahan April, mungkin baru saya akan mencoba update ke ICS, sementara, menikmati android honeycomb ini saja dulu.

Untuk hasilnya, hasil benchmark sangat jauh bedanya, dengan tools quadrant standard score naik dari 1526 ke 2650

Score Android 3.0.1


Score Android 3.2


No comments:

Post a Comment