20 September 2011

Pengalaman Install Windows 8 Developer Preview

Lagi rame windows 8, untungnya si microsoft ngebolehin download developer previewnya gratis, buat di lihat n di oprek oprek aja, downloadnya ambil disini

Setelah jadi sih hasilnya kyk gini, ukuran harddisk yang kepake 7,5 GB


Ternyata seperti itu metro style itu, rada ribet juga, menu start menu gada apa2 (geser mouse ke pojok kiri bawah)... gw mo running command prompt ga bisa, halah... belom tau aja sih gmana caranya :D

Instalasi lumayan simple, sempet ada trouble, dibagian ini


Pas bagian extract stuck di 30%, kayaknya sih gara gara komputer host (laptop gw), gw tinggal solat n gw lock, pas balik lagi, gw pikir proses nya emang lama, gw biarin... 2 jam !!!... arrghh... karena kesel, gw restart aja si virtual boxnya, eeh... bisa jalan normal, extract lancar, total instalasi sampai beres total dengan settings ternyata kurang dari 40an menit tuh...

Detail prosesnya, tinggal klik next, prepare harddisk, ok2in aja lah, biar si windows yang ngatur


 Lanjut deh, extract n proses instalasi..


Selesai itu, ada proses personalize windows




Tadinya mau pake login windows live (hotmail) gw, cuma virtualbox gw, blom gw kasih internet access, ya udah pake localan aja dulu


Pas create user, ternyata ga bisa pake user administrator, hehehe...




Beres deh... dibawah beberapa tampilan si windows 8 ini, ini tampilan explorer, ada yang dibenerin, biasanya klo di windows 7, klo kita expand folder, dengan culunnya, si folder tadi bakal turun ke bawah, yang windows 8 sekarang udah ga kayak gitu lagi... pinteer...


Ini klo mouse di taro di pojok kiri bawah


Ini klo user di klik, opsi opsi yang muncul kayak gini


Ini tampilan klo windows nya di lock, untuk unlock nya di click n drag ke atas, atau klik icon unlock aja


Ini klo tile nya di klik kanan, 


Ini gw pikir untuk geser ke kanan, bisa ala touch, drag n slide click-an si mouse, ternyata masih klasik, harus pake scrollbar dibawah... halah... klo yg tablet bisa kali ya, not for the mouse :D


Internet explorer yang dipake versi 10, ini view yang gw set sebagai "desktop view"


Ini IE yang normal, yang tinggal klik dari tile utama tampilan si metro UI


Sementara baru itu oprekannya, info lain sih banyak ada di situs lain :D