18 January 2012

Refil printer pixma IP 2770

Setelah membeli si pixma IP2770 dan mencoba cetak banyak, isi cartridge original  si pixma IP 2770 tidak terlalu banyak, saya hanya bisa mencetak 57 halaman dengan ukuran kertas cetak nya 27x18 cm dari gambar berikut :


Ini cover dvd aplikasi buatan teman saya mr achmad bisri, berhubung saya sudah beli casing dvd sekitar 100an, masih perlu cetak lagi, tapi... kalau beli cartridge mahaal, 170rb an, berhubung printer sebelumnya saya menggunakan Ink Tec dan kuat bertahun tahun, tidak merusak cartridge walau didiamkan berminggu minggu, ya saya cari lagi Ink Tec dong.

Dari situs si Ink Tec ini untuk cartridge IP 2770 yang CL-811 compatible dengan refill kit BKI-2011C, setelah googling kesana kemari, untungnya ketemu situs focustech yang bisa dipesan online, harga refill 100rb, lumayan klaim nya bisa 5-7 kali isi, tapi dari pengalaman saya biasanya hanya 3 kali saja, penghematan yang luar biasa.

Sayangnya si driver printer punya proteksi sendiri yang mendeteksi bila menurut dia tinta sudah benar benar habis maka printer akan berhenti mencetak dan lampu resume akan menyala, trik mengatasinya mudah, tinggal tekan saja 10 detik, kemudian lanjutkan pencetakan tersebut.

Dengan merefil ulang, hasil mencetak juga kurang lebih sama, jumlah kertas yang bisa di cetak, hingga timbul garis garis kurang jelas itu 55 halaman, jadi sepertinya kapasitas maksimum si cartridge kurang lebih 50-60 halaman berwarna dengan komposisi warna di halaman yang dicetak 50% an, untuk dokumen biasa dominan hitam, mungkin bisa lebih banyak lagi, belum saya coba untuk kasus ini.

Kalau tidak salah printer pixma punya proteksi lain, yaitu proteksi umur cartridge yang digunakan, karena saya ingat sewaktu menggunakan IP1200, setelah beberapa tahun, printer tidak mau mencetak sama sekali, walaupun sudah digunakan trik tombok resume 10 detikan tadi, untuk kasus cartridge kelamaan digunakan ini, harus menggunakan aplikasi resetter yang akan mereset eeprom printer, akan saya tulis kalau saya sudah mengalami ya, tapi googling ringkas resetter IP2770 banyak sekali blog lain yang menyediakan tools nya.

Update
Ternyata bukan habis, garis garis yang muncul itu karena si cartridge perlu di cleaning dulu, kenapa? karena saat saya coba isi ulang lagi, baru di tekan sedikit suntikannya, tinta sudah luber dan tumpah, jadi bukan karena tinta habis muncul garis garis tersebut, sepertinya cartridge agak di abuse saja saja ada garis garis

Setelah saya cleaning, hasil print kembali sempurna, seperti gambar bagian kiri, kalau kasus saat masih original, tidak cuma bergaris, tapi warna pun menjadi pias, saya terlalu cepat mengambil kesimpulan saja dengan cartridge hasil refil ini, sekarang mari kita ngeprint lagiii...


3 comments:

  1. maaf, saya sudah cleaning beberapa kali tapi tetap aja ada garis-garis dan warnanya juga iya pias tidak cerah. gimana tuh solusinya.

    ReplyDelete
  2. Sudah di refil pak? Mungkin memang habis

    ReplyDelete
  3. itu yg mlshnya spons dalam di printheadx, coba pake headcleaner.

    ReplyDelete