10 October 2012

Monitor kedua tidak bisa di rotasi

Tadinya laptop saya vaio VPC F115FM ini untuk setting displaynya tidak muncul opsi orientation untuk monitor keduanya, bila menggunakan driver asli bawaan sony, vga cardnya adalah Nvidia GT 330M, orientasi ini berguna untuk memutar display agar tampilannya portrait (vertical) atau landscape (mendatar/horizontal normal).

Sejak saya beli monitor kedua ini tahun september 2010, otomatis, karena driver bawaan tidak jalan ya saya cari langsung ke nvidia, ada, dengan versi lebih tinggi, tapi ternyata saat saya menggunakan driver asli download dari nvidia ini, tetap saja tidak ada opsi orientasi display, bahkan lebih parah hasilnya, sering crash dan tidak stabil.

Barusan iseng iseng cek nvidia, eh.. ada update bulan september 2012, ya sudah saya coba lagi, ternyata...ta daaa... versi yang sekarang lebih baik dan opsi setting orientasi muncul.


Monitor kedua yang ukurannya 22" ini lebih enak kalau posisinya vertikal, karena seringnya monitor kedua itu saya gunakan sebagai informasi referensi bacaan.



Sayangnya berhubung monitor nya LCD murmer, agak jelek tampilan hurufnya kalau di lihat secara vertikal, agak berbayang kebawah, dan ini memang sudah umum, sedikit rubah rubah setting monitor bisa membuat agak lebih baik, tapi tetap tidak sebagus saat monitor ini posisi mendatar.

Dari googling sana sini, ternyata ini karena trik sub pixeling yang hanya optimal saat monitor dalam posisi horizontal dengan mata pengguna, banyak yang menyarankan, kalau memang mencari monitor yang akan di posisikan vertikal, baiknya yang sudah IPS.

Hmmm... sementara nikmati dulu deh

2 comments:

  1. Jeff Atwood aja udah pake IPS :-P
    http://www.codinghorror.com/blog/2012/07/the-ips-lcd-revolution.html

    ReplyDelete
  2. justru dari blog dia tau tentang ips :D

    ReplyDelete