17 April 2014

Monitor Vertikal

Muter2 mangga dua, Susah bener nyari monitor yang emang fungsinya bisa rotasi vertikal, sempet mau beli merk HP LA2405, eh ga ada stoknya


Coba cari beberapa merk lain, asus, samsung sama out of stock, baca baca di internet, kalau monitor biasa di rotate gitu aja bisa sih, dengan syarat dia udah IPS, karena kalau masih LCD biasa, tampilan udah di set untuk horisontal saja, pernah nulis disini, nyoba dengan monitor biasa, tapi ga tahan lama, dibalikin lagi ke posisi horisontal, karena ga nyaman tampilannya. Kalau monitor IPS biasa, terpaksa harus beli pegangan monitor lagi, karena ga semua bisa di rotasi tegak.

Akhirnya setelah pilih pilih, Bismillah, saya beli Dell U2312HM, dari review sih dia sudah IPS http://www.dell.com/ed/business/p/dell-u2312h/pd, resolusi 1080P, dan memang didesain untuk vertikal juga, karena pegangan monitor bisa di putar 90 derajat.


Saat di rotasi jadi vertikal


Settingnya ternyata tampilan tidak bersih sempurna bila koneksi masih analog dengan kabel VGA, harus hdmi atau dvi port, sayangnya konektor yang tersedia hanya displayport, dvi port dan vga, untungnya dulu pernah beli konverter hdmi->dvi, karena output laptop saya hanya hdmi.

konverter hdmi->dvi yang cocok yang tipenya seperti ini

Khusus monitor, Perhatikan pin setrip besar di gambar kiri atas, pilih setrip yng sendirian, JANGAN konverter yg pin strip ini ada temennya lagi seperti gambar dibawah

Alhamdulillah setting lancar dan gambar bersih jelas setelah koneksi full digital, kerja programming dan baca file pdf jadi enak dengan posisi vertikal begini..