17 December 2014

Repair contact Android yang auto link (Google, Whatsapp, Telegram)

  • Awalnya kebanyakan spam messages, semua sms ga ada nama kontak
  • Terpaksa "clear data" dari aplikasi contacts dan contacts storage, via application manager->ALL
  • Setelah re-sync, kasus masih tetap, sms ga muncul nama2 pengirimnya
  • Delete semua spam messages, baru deh sms normal lagi, spam messages ini semacam folder khusus dari sms2 yg phrasesnya ketangkep dan diflag sebagai spam
  • Bikin error kalau sudah diatas 50 sms spam

  • Ternyata perlakuan ini bikin error di whatsapp, nama kontak jadi ngawur, setelah ditelusuri ternyata contacts dengan sok tahu nya me-link-kan id id orang dengan seenaknya saja, bila nama awalnya sama
  • Misal, nama kontak saudara, yg saya beri nama, A Dindin dengan A Budi  eh digabung dianggap sama
  • Dan kontak2 lain, gilaaaa dari 2200 kontak jadi cuma 1500an berarti ada 700 yang digabung, karena untuk memudahkan banyak kontak yang saya pasang sama depannya, misal untuk klien saya beri nama Cln A, Cln B, Cln C dst... , untuk family depannya saya beri nama F Mamah, F Yan, F Eneng dst, Udt A, Udt B dst untuk teman2 ext kantor Udt, dan ini dianggap sama arrggh... 
  • Dan berhubung saya ikut grup whatsapp itu berdasar pengelompokan nama ini, kebayang ngawurnya nama2 orang yang posting

  • Muter2 google ga ada solusi, rata2 harus edit satu satu dan separate/unlink account2 kontak ini, gila ajee 700an diedit satu satu
  • Untungnya ingat, muncul error ini gara2 "clear data" contacts dan contacts storage diatas, jadi harus saya ulangi prosesnya, cuma!... matikan dulu sync dari whatsapp dan telegram dan samsung account dan aplikasi2 lain yg punya akses contacts, aktifkan hanya google contacts saja.
  • Biar pasti sebelum "clear data" dan mematikan sync untuk account whatsapp/telegram saya ulangi, handphone saya masukkan mode airplane
  • Setelah clear data, dan mode airplane dimatikan, contacts akan kembali terpopulasi, 
  • Baru aktifkan kembali sync untuk account whatsapp dan telegram
  • dan whatsapp pun jadi benar kembali nama namanya, dan kontak2 tidak tergabung2 otomatis
  • Kalau mengalami banyak unknown muncul di aplikasi contacts, klik menu, dan pilih "contacts to display" hanya yg google saja

No comments:

Post a Comment