11 January 2013

Icon office menghilang diganti icon standar windows

Sebenarnya ini sudah lama, cuma malas saja untuk ngecek dan memperbaiki, ikon ikon aplikasi office dan dokumen yang terasosiasi untuk di buka oleh office, ikonnya menjadi ikon default/standar windows gitu, berhubung jarang sekali pakai office, karena sekarang sudah mudah buka dokumen di web via google doc, ya saya cuekin saja


Dokumen excel dan word pun menjadi seperti ini


Banyak yang ngasi saran, mulai dari delete iconcache.db, reinstall benerin registry dsb, blah, munculin icon doang kok ribet bener, daan, saran saran itu bulsit semuaa, ga jalan...

Setelah ngubek2 forum, ternyata jawaban di forum ini yang ngasi solusi, jawaban paling bawah, dia memberikan saran untuk menggunakan aplikasi file types manager, dari aplikasi ini didapatkan info, bahwa tipe tipe dokumen office itu, menggunakan representasi icon dari folder yang sudah tidak ada, makanya windows menggantinya dengan icon standarnya.

Folder itu C:\Windows\Installer\{90140000-0011-0000-0000-0000000FF1CE}, sepertinya folder ini terhapus secara tidak sengaja, mungkin oleh ccleaner atau aplikasi lain.


Jadi solusi nya simpel sekali, buat folder ini kemudian copykan file2nya dari komputer lain, beres deh... file file ini extensinya .exe tapi merupakan container icon2 yang dibutuhkan oleh office.


Setelah file file tersebut di copy dan windows di restart, icon pun kembali normal di start menu


Dokumen di explorer juga jadi benar kembali iconnya