12 February 2011

Cara buat route dengan Mapsource kemudian di send ke GPS

Bikin routing di gps bisa sih, tapi kan agak susah dan lambat, mending bikin di komputer terus upload ke GPS nya.

Peta yang gw pake ambil dari navigasi.net, lumayan lengkap, se-Indonesia, cara install petanya baca aja di navigasi.net ya.

Intinya kita dari mana mau kemana, lewat mana aja yang paling bagus, caranya

1. Buka mapsource set waypoint asal dan tujuan, dengan waypoint tool (ikon bendera warna hijau)


2. Ganti pake routing tool (ikon sebelah kanan bendera hijau), untuk bikin ruting ini bisa dengan cara paling simple, yaitu klik di asal dan klik di tujuan, nanti mapsource bakal memilihkan jalur paling pendek ke tujuan.

Bisa juga kita klik di waypoint asal, terus klik lagi di titik2 yang lebih kita suka untuk di lalui. contoh kasus gw, dari kontrakan gw di daerah salemba ke tempat klien gw di jl haji abu, mapsource milihin jalur terdekatnya via kuningan, tapi gw milih via sudirman karena ada urusan disitu dulu, jalur nya jadi kyk gambar diatas

3. Setelah beres set routing, upload deh ke GPS tekan tombol send to device 


matikan centang maps, kemudian send

4. buka gps dan akses menu route kemudian aktifkan navigasinya

Pilih opsi follow road


GPS bakal kalkulasi



Dan start


2 comments:

  1. Permisi, mau tanya... saya ingin memuat data mapsource saya sebagai bahan presentasi nanti. saya ingin mengecilkan ukuran route yang saya rasa begitu tebal, supaya hasil presentasi saya lebih enak di lihat... bisakah mapsource route di kecilkan ketebalannya ?

    ReplyDelete
  2. untuk routing harus pakai mapsource ya? google maps kayaknya lebih bagus dan realistik, kalau mapsource maaf saya ga tau cara kecilinnya

    ReplyDelete