28 February 2011

Perpanjang SIM tanpa calo di Bandung

Kemaren Sabtu, bela belain ke Bandung untuk perpanjang SIM, soalnya SIM gw sudah habis masa berlakunya dari Desember kemarin, Alhamdulillah juga diurus, soalnya pas sabtu sorenya ke Ciamis, gw kebagian di cegat pas razia, untung sim baru, jadi bisa lolos dengan lancar.

Total biaya buat perpanjang sim ini ngabisin 135 ribu, dengan rincian, 25ribu untuk cek kesehatan, 30rb untuk asuransi dan 80rb untuk sim nya, murah kan, klo pakai calo mungkin abis 200rb lebih, syaratnya untuk perpanjangan ini KTP yang masi berlaku atau fotocopy kartu keluarga, siapin fotocopynya, dan SIM lama.



Cuman yang bikin kesel, pas hari itu kayaknya ada masalah jaringan antara divisi perpanjangan sim dan pembuatan sim baru. Pas ngambil sim nya, yang di panggil orang yang bikin sim baru melulu, yang perpanjangan lama banget kurang lebih gw nunggu 2 jam, baru dipanggil, siyal...

Btw, ternyata jam kerja bikin sim ini terbatas, hari biasa jam 8 sampai 1130 dan jumat sabtu cuman sampai jam 11



Step step ngurus perpanjangan ini.

1. Cek kesehatan, disini cuman dites buta warna ama tekanan darah, gitu doang bayarnya 25 ribu lhoo :D, yang ga asik tempatnya jauh amat dari polrestabes nya, lihat gambar dibawah, posisi cek kesehatan itu masuk ke dalam gang di jalan nias, posisi panah A, terus bagian ngurus dan foto di B, dan ambil sim yang udah jadi di C


2. Setelah cek kesehatan, berikutnya bayar asuransi dulu sebelum bisa daftar, dengan menyerahkan SIM lama dan foto copy KTP, disini bayar 30rb.

3. Stelah itu baru ke loket pendaftaran,


4. Dari pendaftaran kita disuru nunggu dipanggil di loket bank BRI untuk bayar biaya perpanjangan, disini setelah bayar, kita bakal dikasi formulir yang harus kita isi, isinya tentang data pribadi kita, contohnya kyk gini, jangan lupa bawa atau beli pulpen.


5. Setelah isi formulir, terus kita kasihin ke polisi yang nunggu di belakang, langsung kita masuk ke ruang foto untuk dipanggil


6. Proses bayar asuransi sampai di foto ini lumayan cepet, kurang dari 20 menit, nah yang lama nunggu di tempat pengambilan sim nya, katanya sih cepet, cuman pas hari itu aja bermasalah kyknya, gw nunggu mpe 2 jam, di tempat pengambilan sim ini nanti ada tiga tombol untuk nunjukin kita sangat puas, cukup puas atau tidak puas


Berhubung gw kelamaan nunggu bisa ditebak kan tombol yang gw pencet :pp

Banyak temen dan orang yang nunggu disana bilang, kalau mau perpanjangan mending ke BTC, soalnya lebih cepet dan enakeun tempatnya, insya Allah deh taun depan pas ngurus SIM C gw, paling ngga gw jadi tau proses manual perpanjangan sim itu ga ribet dan simpel. salut buat Polisi Bandung *hidup pa Susnooo :D*

Untuk bikin sim baru, kyknya sama aja, cuman ada tes tesan segala, ga usah takut gagal, soalnya kalau gagal uang bisa kembali :D (uang bikin sim aja, kesehatan ama asuransi sih ngga yah :p)