10 July 2011

Sistem Restart/Nyala Lagi Setelah Hibernate

Gw paling suka hibernate dibanding shutdown, soalnya hibernate itu sistemnya saving memori ke harddisk terus mati total dan kalau komputer dinyalain, balik kembali ke titik saat komputer itu dihibernate, bedanya ama "sleep", hibernate itu mati total, klo sleep masih pake power, klo power ini ilang, semua memori juga ilang, sama kayak start dari awal aja.

Udah beberapa waktu ini ga pake hibernate di Windows 7, soalnya RAM komputer ama laptop gw lumayan gede, 4GB ama 6GB kebayang dong, karena hibernate itu saving memori ke harddisk dan memori sebanyak ini disave ke harddisk dengan seandainya speed harddisk itu 25MB/s aja, butuh waktu 160 detik dan 240 detik buat shutdown, itu kondisi ideal, bisa lebih lama dari itu, mending shutdown deh...

Nah khusus komputer desktop dirumah, udah lumayan lama, tiap hibernate, si komputer bukannya mati total eeh.. malah nyala lagi setelah kondisi hibernate selesai, dulu pernah nyari nyari via google ga ktemu, berhubung ga pernah hibernate lagi, gw cuekin aja masalah ini.

Hari ini pas ada jeda dan mau hemat listrik, gw hibernate aja komputer nya eeh, kumat lagi, kagok, gw browsing aja dulu, ternyata ada solusi yang cocok yang gw temuin disini.. intinya, matiin kondisi keyboard, mouse dan network card yang bisa nge trigger komputer nyala via power management. caranya,

Dari buka device management via control panel, atau kalau mau cepet via start menu, ketik devmgmt.msc trus enter



Dari situ nanti ada list device device yang ada di komputer kita, expand bagian keyboard, mouse dan network card. Di komputer gw ada tiga mouse soanya, gw pake graphic tablet selain mouse


Dobel klik tiap item itu, nanti ada property list seperti dibawah, klik tab power management, trus matiin centang bagian "Allow this device to wake the computer"


Alhamdulillah, solusi ini bekerja buat komputer gw

No comments:

Post a Comment