25 February 2015

Xiaomi Mi Band

Berawal dari teman yang sering posting hasil statistik fitness si Mi Band ini, akhirnya tertarik dan beli juga awal Februari, dan barang sampai dan langsung digunakan tanggal 6 Feb 2015. Sebelum beli sempat browsing2 dulu dan lihat video testimoni orang orang di youtube tentang gelang ini.


Dan testimoni mereka tidak salah, batre yang luar biasa, klaimnya sih 40 hari, tapi saat barang ini datang, di info last charge dia sudah 43 hari dengan sisa batre 73%, gilak, dan baru diisi tadi malam, alias 20 hari kemudian dengan sisa batre 24%, jadi mungkin aja bener dalam 20 hari ngabisin 50% daya karena dipakai tiap hari.

Sayangnya charger dia khusus, harus hati2 menyimpannya, karena digunakan juga 40 hari sekali, tapi karena jarang sekali digunakan, walau khusus, bisa dimaafkan.

 



Standar IP67, bikin dia enak dipakai dimana saja, karena tahan air dan debu, klaim karetnya juga tidak membuat iritasi, itu benar, karena kulit saya cukup sensitif, sering gatal kalau pakai jam tangan dengan gelang karet, makanya jam saya dari besi semua gelangnya, tapi dengan mi band ini, 20 hari dipakai nonstop tidak ada efek sama sekali.

Koneksi Bluetooth LE juga bikin dia ga terlalu menghabiskan batre handphone, standar pemakaian handphone sama saja saat bluetooth dinyalakan nonstop.

Bluetooth ini perlu dinyalakan di handphone, karena tidak ada jam didalam gelang, jadi alarm dan notifikasi bisa berfungsi bila terkoneksi dengan handphone terus menerus, untungnya tipe LE tersebut, daya tidak terlalu boros.

Dan alarm dengan gelang getar ini saaaangat membantu sekali untuk saya bangun atau ngeh bila ada telpon, saat handphone di silent.

Beberapa kelemahan adanya disoftware, tapi untungnya lumayan sering diupdate, sempat was was karena dari beberapa review awal, mengatakan softwarenya jarang diupdate, tapi semenjak saya gunakan saja, update sudah 2x untuk firmware dan lebih dari itu untuk software di handphonenya.




Sayang belum ada fitur upload data ke cloud dan sinkronisasi dengan device lain, data hanya disimpan di handphone


Salah satu hal yang membuat saya pingin beli gelang ini adalah, counter jam tidur, dan dia bekerja cukup akurat, bahkan saat bangun beberapa menit saja bisa ketahuan, hehehe, sayangnya hanya menghitung jam tidur saat malam, kalau tidur siang belum bisa di hitung.


Target langkah perhari bisa di set, secara default adalah 8000, dari gelang ini ketahuan, bahwa... saya kurang olahragaaaaa... hadeuuh, sepertinya softwarenya banyak interpretasi, dan ujungnya semua di konversi menjadi calori dan dikira2 sebagai sekian langkah... untuk ditampilkan ke layar hitungnya aplikasi gelang, yg bernama "Mi Fit"


Beberapa fitur lain disediakan di aplikasi ini, seperti screen capture dibawah, di my devices, bisa dilihat sisa batre berapa, dan fitur pencarian, untuk membuat gelang bergetar dan menyala


Untuk Additional features, adalah fitur counter untuk sekarang ini baru 2 jenis, olahraga, yaitu loncat2 dan sit up, cukup akurat untuk menghitungnya, sayangnya belum ada tambahan, semoga di beberapa waktu mendatang akan bertambah, khususnya untuk renang dan sepeda.


Satu lagi yang bermanfaat, fitur smart unlock, jadi kalau sudah di setting linknya, selama handphone ini berdekatan dengan gelang, handphone akan dalam kondisi unlock, tapi kalau berjauhan, handphone tetap akan membutuhkan pin atau swype pattern.

Smart lock ini hanya fitur di lollipop saja, untuk kitkat perlu treatment lanjut supaya bisa.


Info lengkap tentang gelang bisa di lihat di : http://www.mi.com/sg/miband/