28 November 2008

Pake Rekening Muamalat

Selama ini saya punya sampai 3 rekening bank buat menangani transaksi untuk berjualan software apotek di aespesoft.com


Satu rekening Bank Syariah Mandiri, BCA dan Bank Mandiri milik istri.


Bank Syariah Mandiri saya buat, karena saya ingin menjauhi riba, tapi saya masih butuh dengan BCA karena dia jaringannya paling luas, sedangkan Mandiri ya istri bikin untuk keperluan transfer gajinya, tapi saya kurang suka dengan BSM soalnya banyak potongan dan uang kita dibekukan 100rb.


Secara ga sengaja saya mampir ke situsnya ustadz Yusuf Mansyur di wisatahati.com, disitu dia punya rekening Bank Muamalat yang ternyata bisa menerima transfer dari BCA via jaringan ATM Prima, waw asik nih, selain itu, dia tidak memotong biaya untuk penarikan cash dari ATM BCA, ya sudah setelah menimbang nimbang saya akhirnya metutup rekening BSM, tadinya juga saya menggunakan BSM karena dia counternya ada dilantai dasar gedung kantor, enak banget kan tinggal turun dan menabung, tapi awal bulan ini dia pindah gedung ya udah deh jadi males berat nabung nya, soalnya kudu jalan rada jauh beda 3 gedung, kurang lebih 500 meteran, ga jauh jauh amat sih, tapi namanya juga jakarta, panaas, ntar kan jadi item *bletaak.. adoow, yee lu mah, sirik gw putih, jangan lempar velg mobil dong :pp*.


Walopun udah dirayu rayu ama mba CS supaya ga nutup account BSM, saya tetap teguh pendirian untuk nutup, tapi hix, kena potong lagi 20rb, dari situ saya dapet penjelasan yang selama ini jadi misteri, knapa tiap transaksi dipotong 2000, padahal nariknya atau ngecek saldo di ATM Mandiri yang ada logo BSM, ternyata itu infaq, yang kata mba CS bisa kita tolak, tapi perasaan kaga ada tuh dialog pilihannya.


Setelah tiba di Bank Muamalat, disitu dikasi pilihan apakah pilih Shar-e atau tabungan umat, bedanya shar-e itu tidak ada buku, dipotong 3500 tiap bulan tapi bisa ditarik mpe nol jumlah uangnya, kalau tabungan umat, dibekukan 250rb (klo ga salah) tapi ada buku tabungan, dengan potongan sama, hmm, pikir pikir sejenak, selama ini Buku BCA ga pernah dipake juga, ya udah saya akhirnya pake yang shar-e, harga awalnya adalah 125rb, dimana 25rb itu biaya awal untuk membeli kartu ATM dan dompet, 100rb nya untuk saldo awal, proses lumayan cepat dan ga bertele tele.


Selama saya berjualan, kebanyakan para klien itu menggunakan BCA atau Mandiri, dengan Muamalat yang bisa di transfer via jaringan ATM Prima dari BCA dan jaringan ATM Bersama untuk Bank Mandiri, mudah2an lebih sederhana dalam hal penerimaan dana saya, jadi sekarang saya menggunakan satu rekening saja (http://aespesoft.com/kontak), tapi mohon keikhlasan dari client karena akan terpotong 5000 rupiah untuk setiap tranksaksi via jaringan Prima dan Bersama ini :).


Untuk masalah riba semoga Allah mengampuni karena saya belum bisa meninggalkan Bank Bank konvensional sepenuhnya, tapi ya, sekarang sih dana di Bank Bank itu ga banyak soale langsung di pindahkan, waktu gajian juga, pagi isi, sore udah abis, paling banter sisa 50rb kok, riba dari mana ya, hahaha...

3 comments:

  1. tambahan... ternyata jumlah saldo diatas 100rb ga kena biaya... enak banget.

    ReplyDelete
  2. kalo saya punya bsm ma muamalat....muamalat top banget lah pokoknya

    ReplyDelete
  3. Mohon penjelasan saya punya rek. bsm tapi selalu gak bisa kalo mau saya transfer dari rek. Mandiri via atm mandiri maupun atm bersama. selalu muncul pesan Anda memasukan no rekening yang salah. Padahal udah di cek rekeningnya benar, diawali kode bank muamalat 147.

    ReplyDelete