12 August 2010

Iphone Setelah Di jailbreak

Iphone gw udah di jailbreak, so what...? bluaah.. banyak banget enaknya, yang paling sepele dan mungkin bikin sirik yang punya iphone blom di jailbreak, bebas ganti ringtone, hahaha... walo ga gampang juga, soale harus maen konversi2an format lagu nya dulu.

Sebenernya tanpa jailbreak, komplain gw ama si iphone, stelah di upgrade firmware ke 4.0.1 udah ampir semua bisa diatasi, terutama bagian batre dan sms, firmware 4.0.1 sekarang udah ada fitur searching message dan batrenya jauh banget lebih hemat dibanding sebelom di upgrade. Si casing merangkap batre , Mophie yang gw beli udah ga terlalu gw butuhin lagi, soalnya udah normal lah jarak charge hape gw nya.

Malah kyknya klo ga ada jailbreakme.com yang bisa bantu ngejailbreak iphone kurang dari 5 menit, gw ga akan jailbreak iphonenya, rada ribet sih klo pake cara normal.

Dibawah ini gw mo share beberapa hal yang paling kepake ama gw, stelah di jailbreak.

Pertama, kontrol hape jarak jauh, salah satu yang bikin gw merasa kehilangan setelah pake iphone dari winmo nya xperia itu si my mobiler, aplikasi remote si winmo dari pc, jadi klo hape nya lagi di charge kita masi bisa ngetik sms n ngoprek hal2 lain dari komputer kita, sayangnya ga ada versi buat linux, namanya juga winmo yah hehehe..


Setelah di jailbreak, ada aplikasi namanya veency, ini vnc server yang dipasang di iphone, dem kewl lah pokonya, namanya vnc ya ampir semua os punya variasi untuk koneksi ke vncserver, baik windows, linux ato mac, ini tampilan iphone gw dikoneksi via tightvnc dari ubuntu dan ultravnc dari windows pc.

Untungnya iphone cuman punya satu button, dari remote nya (pc) klik kanan mouse itu fungsinya jadi home button, so... full access kendali jarak jauh bisa dari pc (klo gw sms doang siy :D), penggunaan maksimum lain mgkn untuk playing lagu klo si iphonenya docking di speaker


Hal kedua yang paling gw suka, aplikasi sbsettings


Aplikasi ini aktif klo kita swype jari kita di toolbar atas si iphone, bakal muncul opsi2 toggle aktivasi/non aktivasi dari setting iphone, di winmo udah default ada namanya comm manager, fitur ini lupa gw komplain, sesuatu yang harusnya ada scara bawaan nih dari iphone, soale, masa mo nyala matiin, kita harus jalan2 dulu merambah dunia setting beberapa step baru ktemu opsinya... untungnya ada sbsetting ini, tinggal di elus (swype terjemahnya apa ya?) dikit keluar deh layar diatas lengkap dengan info ip address wifi maupun data (dari koneksi 3g dsb) dan info lainnya.

Hal ketiga, full akses ke sistem storage iphone ditambah aplikasi openssh, iphone skarang udah bisa jadi storage tambahan selama ada koneksi wifi, di windows gw pake winscp atau di ubuntu pake nautilus, semacam explorer bawaannya ubuntu bisa deh browsing dan akses isi iphone.

Ini tampilan winscp, stylenya kyk norton commander jaman jadul, dual pane yang bikin gampang untuk copy file


Untuk ubuntu pake nautilus, via koneksi file->connect to server tipe protokol ssh


Selain buat ganti ringtone diatas full akses ini kepake banget ama gw buat backup, soalnya data sms disimpen sederhana banget dalam 1 file aja namanya sms.db, tipenya sql lite, tinggal download viewernya, lengkap deh untuk prosesing lebih lanjut dari si data sms ini, entah untuk bersihin massal, restoring dsb.. mantab. Backup simple kyk gini ga bisa dilakuin di windows mobile, poin pleus buat iphone jailbreak :D

Hal lain dari jailbreak, ya tentunya appstore cydia, aplikasi2 buatan orang orang yang mungkin di tolak di appstore apple terus ditaro disitu hehehe... tapi gw ga terlalu tertarik ama aplikasi2 yang disitu, kecuali yang di rekomendasiin ama tech blog di dunia maya, soalnya coba beberapa, ga jalan dengan lancar, ntah mgkn masi didesain buat firmware ios versi 3, jadi blom stabil di ios 4.0.1 ini, untungnya sejauh ini klo satu aplikasi rusak tinggal di remove, sistem balik lagi jadi normal tanpa rusak permanen