07 January 2010

Jangan congkel es di freezer nya kulkas...

Arrgh... tadinya mo ngehemat, biar bisa nabung bulan ini, ternyata bakal keluar duit juga niy, gara garanya, pembantu gw rajiiiin... tapi... kurang hati hati...

Kulkas gw rusak gara gara dia... dan komponen penggantinya udah ga dijual, harus pesen dulu baru ada... bisa lama nunggunya.

Gara-garanya sih sederhana, si bibi itu pengen bersihin kulkas gw, bagian freezernya, yang es nya udah menggunung, harusnya sih ga menggunung gitu esnya, cuman thermostat kulkas gw aja udah rusak, jadi ga otomatis matiin sistem pas udah dingin banget si freezernya.

Nah, yang bikin rusak, si bibi itu pake pisau bersihin es nya.... pratiin isi freezer, kan ada tuh lajur lajur disitu, ternyataaa..., itu bukan hiasan doang, hahaha... itu jalur pipa freoon... yang bikin kulkas itu dingin, nah si bibi ga sengaja bikin jalur itu bocor, pas dia nyongkel gunungan es, rusak lah dengan manis kulkas gw, hasilnya disebelah kanan... tenaaang.. item gitu bukan karena freon  bocor, hehehe, tapi tambalan epoxy dari si tukang servis kulkas.



Panel freezer itu bukan dari elemen besi yang bisa di las buat ditambal, jadinya harus di lem, tapi epoxy itu ga kuat, cuman beberapa hari di tambal, kulkasnya bocor lagi... sial.

Berhubung sistem pendingin utama ya si panel itu, harganya lumayan tuh antara 1/4 mpe 1/3 harga kulkas... liat umur kulkas gw, kyknya gw mending beli baru aja dari pada ganti panel yang rusak ini... hixxx... gagal deh nabung bulan ini, mwaaaa....