23 January 2010

Virtual serial (COM) port buat emulasi

Gw pernah nulis gimana bikin virtual paralel klo ga punya port paralel (LPT), jadi klo cuman punya port USB tapi butuh cek akses print via paralel ini.

Nah kmaren (bulan kmaren tepatnya :D) gw butuh akses port serial (COM), karena nemu klien yang punya mesin cash register, nah modif aplikasi gw untuk mesin ini rada susah, soale mesinnya mahal n jelas klien ga mo minjemin,  sapa gw gitu lho, hehehe...

Secara singkat gw pelajarin aja di tempat klien gimana si mesin kerja, koneksi n protokol untuk aksesnya, baru deh gw dirumah modif aplikasi, nah yang jadi masalah untuk test, gw butuh device pake COM buat emulasi send and receive, kompie gw laptop yang jelas udah selain ga ada port paralel ga ada port serial juga, seandainya ada juga, mesinnya kan ga punya, thx google, searching bentar nemu deh...

Utility ini namanya HW-VSP, HW-Virtual serial port, jelas banget ya namanya, rangking satu untuk keyword yang gw cari, emulator serial port banyak tapi yang bisa menuhin kebutuhan gw untuk interaksi, kyknya ini paling bagus, soalnya dia ngemulasiin port serial yang outputnya ke tcp, nah untuk respond nya gw pasang echotool, yang jadi simple listener n replier tcp nya.

Jadi stepnya, pasang echotool dulu, misal dia suru ngelisten di port 4567
exec : echotool.exe /p tcp /s 4567

Terus jalanin si hw-vsp





Untuk test bisa pake hyperterminal aja, sisanya koding ding...