10 October 2011

Select All di Gmail

Mungkin ini sudah lama ada, tapi saya baru tahu tentang ini, di gmail sekarang kalau Select All, akan ada opsi yang betulan select all, tidak hanya daftar email yang tertampil di layar saja (50-100 email), jadi saat opsi drop select, diklik, dan kita pilih All


Maka akan muncul link seperti ini


Hal ini berguna sekali, soalnya, dulu, email gmail hanya saya jadikan inbox mail junk, dengan segala mailing-list saya ikuti, belakangan, karena lumayan segala macam service google saya ikuti dan account gmail itu nya dijadikan kunci utama untuk aksesnya, mau tidak mau, inbox nya jadi penting juga kan, tapi kalau yang penting dan sampah dicampur agak repot juga handlingnya.

Ada beberapa kasus, orang yang account gmailnya di freeze begitu saja oleh google, karena melanggar servicenya, walaupun saya tidak ada rencana untuk berbuat yang nggak2 tapi ngeri juga kalau tiba tiba account gmail ini di bekukan google, so, pelan pelan semua yang ada di google, saya tarik juga datanya ke komputer, paling ngga servicenya di backup oleh penyedia jasa lain, misalnya blog ini saya backup juga di tumblr dan wordpress.

Untuk gmail saya, dia memakan kurang lebih 5 GB saat saya tarik via imap ke outlook, kurang lebih 200rb email, yang isinya 90% sampah semua, hahaha...

Dengan adanya fitur select all ini, dengan mudahnya saya hapus ratusan ribu email sampah itu, dengan cara select label dari tiap milis yang bersangkutan, kemudian select all dan delete, dahulu saat fitur select all ini belum ada, pernah saya lakukan ini, tapi karena select-all hanya men-select email yang tertampil di layar, maka yang bisa dilakukan adalah per seratus2 email saya hapus, tapi hanya kuat 1000an email terhapus saya menyerah, gila aja, ngapus 200rb-an email itu.

Untuk mengakali banyak email ga penting itu, untungnya di gmail ada setting kalau IMAPnya bisa fetching hanya label tertentu saja, agak ribet settingnya, jadi saya bikin label baru, dengan rule, dia bukan atau tidak mengandung alamat milis milis yang saya ikuti, lumayan agak cepat sync nya dengan iphone saya.

Sekarang dengan pengosongan inbox ini, email email penting sudah berkurang jauh, dibawah 3000an email saja.

No comments:

Post a Comment