17 October 2011

Fitur-fitur yang saya suka setelah iPhone di upgrade ke IOS 5

Untuk cerita fitur ios 5 mungkin udah banyak dibahas di situs lain, ini sih pengalaman pribadi saya saja tentang update ke ios 5 dari ios 4.3.2

Iphone saya adalah iphone 3GS, tadinya agak ragu untuk update, tapi setelah lihat beberapa video di youtube yang menunjukkan bahwa iphone 3gs tidak masalah dengan ios 5 maka akhirnya saya pun meng-update iphone ini.

File yang harus di download adalah iTunes 10.5 dan image .ipsw nya, ukuran itunes 10.5 adalah 70MB dan imagenya 684 MB, luar biasa besar, karena dibanding image 4.3.2 yang hanya 430MB, saat saya download dengan chrome, sempat gagal ditengah jalan dan tidak bisa di teruskan, terpaksa menggunakan utility downloader flashget supaya bisa otomatis resume, list link download langsung saya dapat disini, link link untuk image .ipsw nya adalah :

Proses update sendiri kurang lebih 50 menit, 20 menit update, dan 30 menit proses restore, untuk saya ada sedikit masalah, karena sudah lama ditunggu ternyata proses restore gagal, ternyata, pilihan sync apps di centang dulu baru bisa restore dengan sukses.


Setelah iphone selesai di restore, penggunaan pertama, hanya tentang aktivasi izin penggunaan lokasi, login apple id dan akses icloud, serta menyetujui aggreement dari apple.

Beberapa hal yang saya sukai dari update baru ini
  • Fitur find my phone, setelah login dengan icloud, maka dari tampilan icloud kita bisa memonitor lokasi iphone kita, tentang ini saya tulis disini
  • Sinkronisasi via icloud dan wifi, terutama photo stream, bila kita punya ipod, maka foto yang kita ambil di iphone, otomatis akan ter share ke ipod bila si ipod juga sudah menggunakan ios 5, selain itu data aplikasi lain juga bisa tersimpan ke icloud, lengkap bisa di atur dari menu settingnya
  • Perbaikan bug dalam hal searching sms hingga ke awal sms yang pernah kita terima, karena saat menggunakan versi ios 4.3.2 pencarian sms hanya memunculkan sms yang bertanggal kurang lebih beberapa bulan terakhir, sementara saya sudah hampir 1,5 tahun menggunakan iphone ini. Untuk ios 5 dengan sukses akan memunculkan sms pertama yang pernah saya dapat bila saya mengetik kata2 sms pertama tersebut. Sangat membantu sekali untuk saya yang sangat bergantung dengan sms untuk verifikasi data registrasi klien.
  • Di tampilan pengetikan sms, sekarang keypad bisa disembunyikan, dengan men-swipe kebawah, sebelumnya, harus kembali ke daftar sms, dan membuka ulang sms dulu supaya keypad itu bisa hilang
  • Shortcut, walaupun ini sudah lama ada di gadget lain, akhirnya ada juga di iphone, shortcut adalah bantuan untuk menghemat waktu dalam entri pengetikan, misal kita ketik omg, maka akan muncul "oh my god" sebagai hasil nya
  • Post ke twitter yang terintegrasi, setelah kita login twitter dari menu settings, sekarang kita bisa langsung posting ke twitter via aplikasi2 standar iphone yaitu : Camera, Photos, Safari, Contacts, YouTube, dan Maps, untuk menerima, tetap harus menginstall twitter clientnya.
  • Info notifikasi yang lebih baru, mirip dengan android, dengan men-swipe dari atas kebawah maka muncul layar notifikasi ini
  • Speed browser yang lebih cepat, hasil benchmark sun spider dibanding versi ios 4.2.1 dan 4.3.2 yang saya tulis disini, versi ios 5 adalah 4,7 detik dibanding 13,7 detik dan 55 detik untuk versi lama tersebut

  • Penggunaan volume-up untuk menggunakan foto, sangat memudahkan sekali dibanding harus mengklik tombol icon foto dengan tangan, saat hendak narsis, foto diri sendiri, hehehe...
  • Double click home button di lock screen, untuk bisa langsung aktivasi camera
  • Sync over wifi, tapi disarankan harus sambil di charge dan itunes nyala di komputer, sebelumnya si itunes harus di set dulu untuk enable sync over wifi ini



  • custom vibration, getar getar lucu yang bisa diatur untuk contact yang kita sukai, cara aktifasinya saya tulis disini

Beberapa fitur lain yang biasa-biasa saja buat saya 
  • Pembuatan account email baru di @me.com
  • Aplikasi Newsstand dan reminders
Yang tidak saya suka

  • Mode explore kamera yang aneh, saat di ios 4, folder dcim hanya 1 dan langsung isinya foto2, kalau ios 5, dibagi 3 folder, dan isi foto tidak langsung terupdate di explorer saat kita mengambil foto baru dengan iPhone, sehingga kabel harus di lepas dan di pasang kembali untuk merefresh isi kamera iPhone tersebut


Sejauh ini baru itu yang saya temukan, akan saya coba update bila ada lagi fitur baru yang saya sukai.

No comments:

Post a Comment