09 October 2011

Transfer file ke server via remote desktop

Untuk remote control PC jarak jauh biasanya saya menggunakan VNC yang tipenya ultra-vnc, karena bila server (yang di remote) dan client (pengendali/pe-remote) menggunakan ultra-vnc, bisa saling transfer file.

Sebenarnya fitur ini sudah sejak lama ada di remote-admin, tools lain yang sangat bagus untuk remoting pc, tapi berhubung belakangan sering sekali remote-admin ini di deteksi sebagai virus, dan lumayan bosan saya membuat rule ignoring, ya sudah terpaksa menggunakan ultra-vnc saja, agak lebih lambat, tapi tidak terlalu mengecewakan.

Belakangan ada klien yang membutuhkan servernya di manage oleh saya, tapi opsi yang tersedia, si server hanya bisa di remote via remote-desktop, walaupun sangat familiar dengan remote-desktop di kantor lama, saya mengalami kesulitan untuk transfer file, tadinya saya menggunakan 4shared untuk transfer2an filenya, jadi dari client, simpan dulu di 4shared, baru di download dari si server, agak berputar2.

Setelah dipikir-pikir, masak sih, remote desktop secanggih ini tidak mempunya fitur transfer file langsung, eh.. ternyata ada, dengan lebih native tapi dengan cara pandang berbeda.

Caranya, sebelum terkoneksi dengan si server atau komputer yang akan di koneksi, klik dulu menu optionsnya


Setelah itu, pilih menu, local resources, dan klik button more


Dari situ, baru lah pilih, drive mana dari si client (yang mengendalikan) untuk dishare dan bisa di akses oleh si server


Maka bila di server dibuka explorer, akan muncul drive-drive baru yang merupakan drivenya komputer client kita


No comments:

Post a Comment