17 September 2008

FWD: 10 Langkah Jitu Membuat Artikel Canggih (DIJAMIN BERHASIL)

Ini forwardan dari artikel di newsletter alumni sma gw di http://www.kanaldua.org/, artikel serius yang mungkin bisa membantu elu yang mungkin berminat jadi seorang penulis.

Ingat orang terhormat lah yang mengingat jasa, bila anda berhasil atau menjadi terhina karena tips ini, kembalikan semuanya pada penulis artikel ya, saya tidak bertanggung jawab

=====

Ingin membuat artikel Anda terdengar canggih layaknya koran/majalah terkemuka sehingga kawan/dosen/selingkuhan/tukang bakso (coret yang tidak perlu) terperangah? Berikut ini tips sederhana yang berguna. Contoh:Judul artikel harus terdengar super hebat seperti: KELANGKAAN PANEN GANDUM DI ESTONIA ABAD 18 DAN HUBUNGANNYA PADA INPIRASI SOLZHENITSYN DALAM MENULIS GULAG ARCHIPELAGO.
  1. Buka artikel dengan kalimat puitis seperti “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu, megap-megap kemudian” kalau masih sulit kutip saja puisinya W.B Yeats.
  2. Selanjutnya memperkenalkan persoalan yang akan dibahas, kalau Anda hendak membahas fenomena penen gandum di Estonia awal abad 18 bukalah dengan deskripsi dimana Anda bertemu hantu petani Estonia di sebuah kafe di kawasan Shibuya, Tokyo ketika Anda menjadi juru runding dalam Konferensi G-8 tahun 1986 (kalau pada tahun tersebut Anda masih SMP atau bahkan masih dalambentuk Zigot, silahkan ubah tahunnya sendiri).
  3. Pastikan perjumpaan Anda dengan hantu petani Estonia tersebut layaknya Hamlet bertemu hantu ayahnya.
  4. Sisipkan kutipan dari seorang ahli yang namanya hanya bisa dieja kalau Anda mengunyah singkong rebus pada jam 12 malam lalu buat interpretasi liar dari kutipan sang ahli tersebut, contohnya, coba hubungkan efek Doppler dengan seksualitas pria.
  5. Maka kutip lagi Freud, ingat Anda tak Freud asli, cukup baca karya sastra yang selangkangan.
  6. Turunkan kadar kecanggihan paragraf ini karena jangankan pembaca, Anda mungkin mual membaca tulisan Anda sendiri.
  7. Kutip Clifford Geertz, Fabian Barthez (penjaga gawang timnas Perancis pada Piala Dunia 1998), Samuel Huntington, Jenna Jameson lalu Solzhenitsyn sendiri.
  8. Bahas hubungan konsep sinematik Godard dan Fritz Lang serta komposisi pupuk pada lahan gandum di Estonia yang berhubungan langsung dengan aforisma Nietzsche serta inspirasi Solzhenitsyn menulis Gulag Archipelago jangan lupa kutip juga statistik rating televisi di Ceko.
  9. Tutup artikel dengan kalimat puitis contekan Gibran atau Hemingway jangan lupa di bawah nama Anda tulis jabatan keren anda, contoh: Esais mandiri yang aktiv di lembaga sosial Timbuktu untuk membantu pelestarian badak bercula lima.
  10. Kirim artikel tersebut ke koran ternama, dan jika benar dimuat, saya ingin 50 persen honor menulisnya.
Takdir '99

======

Saya terima sebagai perantara transferan, hehehe, potong 50% buat mr Takdir ya hihihi