14 August 2008

RSS/Atom/Feed and Feed Reader/Aggregator


Gw tau RSS [realy simple syndication] system itu awal taun 2000, via lockergnome, disitu si chris pirillo bilang, rss bakal jadi format pesan di masa depan yang bakal mengganti email, ya gw cuman bilang dalam hati, masa sih? :D

Tapi ternyata kyknya bener, booming blog, news ticker berbasis RSS atau tandingannya si Atom ini udah jadi ubiquitous [dimana mana ada].

Skarang gw selain email client yg nyala terus2an, si aggregator andalan juga mendampingi dengan setia, gw udah nyoba beberapa aggregator, termasuk firefox n outlook, tapi berhubung si outlook ini udah konek ke exchange kantor yang lemot bin selow luar biasa, lupakan deh, skarang gw pake freeware jetbrains omea reader [http://www.jetbrains.com/omea_reader/], yang lumayan stabil n tetap kenceng walau database udah lebih dari 1 GB.



Gw pake reader omea ini merangkap sebagai backup juga sih, soalnya blog gw bisa di feed full ama omea, selain itu blog blog atau situs berita yg gw tarik bisa di baca offline, udah ratusan feed yang gw sindikasikan.

Ampir semua blog bisa ter-sindikasi, menyediakan rss/atom untuk di feed ama aggregator andelan kita, apapun itu.

Nah cuman, blog itu ada beberapa yang penulisnya pelit, di-setting ga ngasilin data apa apa pas di aggregat ama orang orang, atau cuman paragraph awal doang, ini gw maklumi, klo orang itu emang nyari duit pake adsense/adbrite ato apalah lainnya, supaya blog nya harus divisit via browser, tapi klo blog yg bagus tapi polos mbok ya, muntahkan semua kontennya via rss dwooong.. pelit amat seh :p

Yang ngerasa temen n punya blog, buka lebar lebar yaaa, jangan pelit, hehehe

Btw, kamu pake reader apa?