12 March 2011

Ahhh... Notepad++ ternyata udah bisa columnar editing...

Dari dulu pakai bajakan ultraedit karena butuh columnar editing, ternyata notepadd++ yang free udah bisa... ga tau dari kapan, hehehe... kalau notepad++ ngasi istilahnya rectangular text selection


Editing kolom kepake banget buat gw yang suka bikin script, misalnya di tulisan ini dibanding excel bisa aja pake kolumnar editing, edit kolom itu ngetik yang ngisi sekaligus beberapa baris, caranya

di select beberapa baris dulu dengan tekan ALT+SHIFT sambil pake mouse atau panah atas bawah, udah ke-select satu kolom, mulai deh ketik 

Guna lainnya juga untuk numbering, tekan aja ALT+C untuk ini...

Keren2.. waktunya uninstall ultraedit, selama ini gw pake ultraedit karena dia punya fitur ini ama macro aja, macro itu fungsinya untuk record yang kita kerjain, dan di jalankan belakangan, untuk menghemat waktu kerja, sekarang semuanya udah ada di notepad++

Update:
Dari link ini ternyata udah 4 tahun lalu... gubrak, kemana aja ya gw