01 March 2011

Setting akses 1 pintu dibuka 2 scanner HIT seri Magic

Dikantor pakai finger scan kyk gini untuk akses pintu, scanner tipe HIT seri Magic MP4200


Tadinya, scanner jari ini ditaro buat buka pintu dari luar, untuk dari dalam tinggal pencet tombol aja, berhubung ada sesuatu hal, perlu disetting juga kalau buka pintu dari dalam harus scan jari juga.

Setting untuk 1 scanner buka 1 pintu sih cukup simple, GND dan PWR si scanner kasi daya dari power supply 12V, trus short COM ke PWR, dari situ tinggal atur NC atau NO ke konci yang dipakai.


Biasanya sih tiap konci tipenya itu NC (normally close) alias dalam kondisi locked (konci aktif), pas scanner nerima validasi jari nya benar, tegangan NC ilang, dan konci ke buka. Di gambar diatas, yang masuk NC itu kabel dari konci di pintu, dan pasangan BUT - GND lari ke tombol buka pintu, yang bakal gw ilangin nanti. Kalau BUT - GND ini di short, tegangan di NC ilang, alias konci kebuka terus.


Yang jadi masalah agak susah buat gw, nyetting 2 scanner untuk buka satu pintu, cari di help ga ada, untung nya nelpon orang griyatekno.com, dan mereka berbaik hati ngasi informasi, ga rugi deh dulu minta dipasangin mereka.

Ternyata cara setting untuk 2 scanner ini , NC1 ke COM2 dan NC2 ke Konci, dan COM2 ga usah di short ke power PWR2, karena nerima dari NC1.

Alhamdulillah nyetting sendiri jalan, soalnya biaya pasang ini lumayan 400rb per alat, hehehe...