02 April 2011

Test print pake Google Cloud Print

Setelah ngeh fitur ini, iseng iseng nyari site yang bisa di browse dan bisa print pake google cloud print (gcp), ternyata belum banyak, dan knapa ga kepikiran sebelumnya, yah yang pasti si google docs yang bisa manfaatin gcp ini... tapi baru tipe document aja, yang spreadsheet belum bisa...

Gw coba bikin satu dokumen via hape gw, di google docs ini


Terus dari situ, gw pilih print dokumennya


Dia bakal ngelist printer printer yang ada di komputer komputer yang browser chrome nya udah kita aktifkan google cloud printnya...

Setelah gw pilih pdffactory, hasilnya 


Jadi kalau mau print jarak jauh, komputer yang terpasang printernya, harus jalan terus chrome disitu, pastinya harus login dulu si GCP tersebut... tapi kalau ga jalan juga, kayaknya sih di pooling dulu data yang mau di print, di server google, pas kita nyalain komputer+chrome, baru deh ngeprint...

Browsing2 lebih jauh, ada orang yang buat plugins buat GCP ini, tapi dokumen yang di support baru yang bertipe .pdf/.txt/.doc, yah semoga aja banyak situs yang ramah ama tampilan mobile dan pas di print juga ramah ukuran dokumen normal via GCP, soalnya volume browsing gw antara hape dan pc ampir berimbang nih...